Masjid Qiblatain (Masjid 2 Kiblat)

masjid qiblatain

Mulanya umat Islam sholat menghadap ke Baitul Maqdis (Masjidil Aqso di Palestina), selama 16 bulan. Ketika sholat Dluhur pada hari Senin bulan Rajab tahun ke 2 Hijriyah, saat dapat 2 rekaat Rasululloh saw menerima wahyu untuk menghadap ke Baitulloh (Masjidil Haram di Mekkah). Masjid Qiblatain ini mula-mula dikenal dengan nama Masjid Bani Salamah, karena dibangun di atas bekas rumah Bani Salamah. Terletak di dekat Madinah.

QS. Al Baqoroh 144 yang artinya :
“Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit *), maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Alkitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.”

*) maksudnya ialah Nabi Muhammad saw. Sering melihat ke langit mendo’a dan menunggu-nunggu turunnya wahyu yang memerintahkan beliau menghadap ke Baitulloh (Masjidil Harom).

Tentang kh4lim4h

Berbagi tentang Pendidikan dan Keluarga
Pos ini dipublikasikan di Keluarga, Pendidikan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s