Sempoa dan asal-usulnya

Sempoa ataupun nama lainnya seperti sipoa, cipoa, swipoa, simsuan, abakus ataupun soroban adalah sebuah alat hitung tradisional yang semula banyak digunakan di cina dan jepang. Bentuknya berupa kotak segi empat yang terbagi dalam 2 bagian, masing-masing dengan biji manik-maniknya. Alat ini diyakini berasal dari cina. Namun demikian ditemukan juga dalam sejarah di Babilonia kuno. Bentuknya sebilah papan yang diatasnya ditaburi dengan pasir. Orang menggunakan butiran-butiran pasir itu sebagai alat untuk menghitung  dan menulis. Itulah sebabnya ada yang menyebutnya abakus yang berasal dari bahasa Yunani ’abacos’ yang berarti menghapus debu.

Dengan sempoa banyak fungsi aritmatik disederhanakan, bahkan pada tataran berikutnya anak cukup membayangkan mesin sempoa saja. Jika sudah pada tataran ini anak tidak lagi memerlukan kotak sempoa secara kongkrit. Dengan membayangkan kotak itu plus beberapa gerakan jarinya ia akan mampu menghitung layaknya dengan sempoa kongkrit.

Wilayah otak kanan dan otak kiri manusia, dipercaya memiliki bentuk yang sama, tetapi berbeda fnugsinya. Dengan metoda sempoa diharapkan  otak kanan dan otak kiri dapat seimbang sehingga konsentrasi, imajinasi, kreativitas dan kecerdasan emosi anak meningkat. Pada rentang usia 6-12 bahkan ada yang menyatakan mulai 3 tahun perkembangan otak sangat pesat, pola dasar berfikir mulai terbentuk demikian pula kemampuan logikanya..

Sumber : Tim Pustaka Familia, 2006, Warna-warni Kecerdasan Anak dan Pendampingannya, Penerbit Kanisius, Yogyakarta

 

Tentang kh4lim4h

Berbagi tentang Pendidikan dan Keluarga
Pos ini dipublikasikan di Matematika, Pendidikan dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s